Jl. Ki Mangunsarkoro No. 6, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia 50136
024 - 8316315, 8450651
(024) 8414811
082134525006
LOGIN PELANGGAN
BERITA POPULER

Sertifikasi Industri Hijau akan Digratiskan

01 Nov 2016 10:10:00

Sumber : Website Kementerian Perindustrian dari Media Indonesia

Kementerian Perindustrian mendorong pola industri hijau sebagai upaya mendongkrak ....

Kebijakan Industri Nasional

24 Mei 2017 11:30:55

Visi pembangunan Industri Nasional sebagaimana yang tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 28 Tahun 2008 tentang Kebijakan Industri Nasional ....

BBTPPI menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi ISO 9001:2015

16 Agu 2016 13:00:00

Pada tahun 2015, ISO melakukan revisi beberapa standard manajemen atas persyaratan yang ditetapkan. Perkembangan terhadap pengelolaan resiko atas ....

KONTEN

Pelanggan LSSM

20 Jul 2020 11:03:05

DAFTAR KLIEN

No

Nama Klien

Alamat

Ruang Lingkup Sertifikasi

Nomor

tgl terbit

tgl berakhir

1

PT. Abadi Kimia

Surabaya

Manufacture of aluminium sulfate

191046

03/04/2017

02/04/2020

2

PT. Merak Jaya Abadi

Sragen

Manufacture of bottled drinking water

191110

12/07/2017

11/07/2020

3

CV. Tirta Makmur Kab. Semarang

Manufacture of bottled drinking water

191091

10/08/2017

09/08/2020

4

PT. Narmada Awet Muda

Lombok

Manufacture of bottled drinking water

191054

18/08/2017

17/08/2020

5

PT. Industri Jamu Borobudur

Semarang

Manufacture of Herbal Medicine

191059

27/11/2017

26/11/2020

6

PT. Muara Mitra Mandiri

Yogyakarta

Construction of buildings

191084

18/01/2018

17/01/2021

7

PT. Armindo Intercorp

Sidoarjo

Manufacture of Furniture

191114

02/032018

01/032021

8

PT. Swabina Gatra

Gresik

Manufacture of bottled drinking water

191023

29/03/2018

28/03/2021

9

PT. Chemical Industry  Tonggorejo

Pasuruan

Manufacture of sodium cyclamate

191024

13/09/2018

12/09/2021

10

PT. Indoxide

Sidoarjo

Manufacture of Zinc Oxide

1999/9/19A/10

21/09/2018

20/09/2021

11

PT. Indo Tirta jaya Abadi Kab. Semarang

Manufacture of bottled drinking water

191090

26/09/2018

25/09/2021

12

PT. Agrimitra Utama Persada

Padang

Manufacture of bottled drinking water

191036

26/09/2018

25/09/2021

13

PT. Putra Nusantara Mandiri

Sidoarjo

Lubricant Industry

191116

09/01/2019

08/01/2022

14

PT. Sri Rejeki Fertilizer

Tangerang

Manufacture of Fertilizer

191117

22/01/2019

21/01/2022

15

PT. Narmada Awet Muda, Lingsar

NTB

Manufacture of bottled drinking water

191118

10/04/2019

09/04/2022

16

PT. Fajar Makmur Sentosa

Jember

white sugar repacking

191122

01/08/2019

31/07/2022

17

PT. Amanah Insanillahia

Padang

Manufacture of bottled drinking water

191054

01/03/2019

28/02/2022

18

PT. Bengawan Murni

Mojokerto

Manufacture of bottled drinking water

191021

01/03/2019

28/02/2022

19

PT. Tirta Cipta Nugroho

Semarang

Manufacture of aluminium sulfate

191107

28/11/2018

27/11/2021

20

PT. Indonesia Matsuya

Pasuruan

Manufacture of Furniture

191115

18/12/2018

17/12/2021

21

PT John's Glove Factory

Semarang

Gloves Manufacturing

191056

15/03/2019

14/03/2022

22

Pabrik Pengemasan Gula PTPN IX Kebun Ngobo

Kab Semarang

white sugar repacking

191119

24/05/2019

23/05/2022

23

PT. Agro Nusantara Indonesia

Jember

Manufacture of Fertilizer

191120

28/05/2019

27/05/2022

24

CV. Rahmajaya

Pasuruan

Manufacture of Fertilizer

191121

24/07/2019

23/07/2022

25

CV. Rumah Mocaf

Banjarnegara

manufacture of modified cassava flour (mocaf)

191123

02/11/2019

01/11/2022

26

PT. Nissin Biscuits Indonesia

Kab. Semarang

Manufacture of biscuits

191124

04/01/2020

03/11/2023

27

CV. Arsy Mulia Tama

Yogyakarta

White sugar repacking

191125

02/03/2020

01/03/2023

28

CV Tirta Fertindo Pratama

Semarang

Agriculture of Hydroponic Vegetables

191111

02/03/2020

01/03/2023

29

PT Sri Rejeki Fertilizer II Tangerang Manufacture of Fertilizer 191126 29/04/2020 28/04/2023

30

CV. Agro Tani Makmur Surabaya White sugar repacking 191127 16/07/2020 15/07/2023

 

DAFTAR KLIEN DIBEKUKAN/DICABUT

No

Nama

Lokasi

Lingkup

Nomor

Terbit

Kadaluwarsa

Keputusan

Tanggal

1

CV. Benang Merah

Surabaya

Manufacture of Furniture

191106

16/10/2018

15/10/2021

Dicabut

29/03/2020

Resume 2020

15 Jun 2020 10:06:12

a

Standar Waktu Layanan

15 Jun 2020 09:30:00

STANDAR WAKTU LAYANAN

Sesuai Permenperin 163/M-IND/PER/11/2009  tentang SPM BBTPPI

No.  JENIS LAYANAN  WAKTU (HARI)  KETERANGAN  
 1  Jenis Penelitian dan Pengembangan    Sesuai Kontrak
 

a. Pemantauan dan Pelaporan RKL-RPL

 

b. Pemantauan dan Pelaporan UKL-UP

 2 Jasa Pelatihan Teknis Operasional  15  
 3 Jenis Pengujian     
  a. Pupuk  14  
  b. Furnitur  14  
  c. Makanan, Minuman  14  
  d. Air Permukaan, dan Air Limbah 16  
  e. Limbah Padat dan B3 21  
  f. LD-50  48  
 4 Jasa Konsultansi     
  a. Set Up Dokumen ISO 9001 40   
  b. Set Up Dokumen ISO 14001  40   
  c. Set Up Dokumen SPPT SNI  40   
 5  Standardisasi dan Pengawasan Mutu Produk (AMDK, Furnitur) 16   
 6 Kalibrasi  10  
 7 Sertifikasi     
  a. ISO 9001  21   
  b. ISO14001  21   
  c. SNI  34   
 8 Rancang Bangun dan Perekayasaan Industri     
  a. Pengolahan Air Limbah    Sesuai Kontrak
  b. Produksi Bersih di Industri   
  c. Proses Produksi   
 9 Penanganan Pencemaran     
  a. Monitoring Kualitas Perairan 14 Sesuai Kontrak
  b. Monitoring Kualitas Limbah Padat dan B3 21
  c. Monitoring Kualitas Udara Emisi dan Udara Ambien 14
10 Audit Energi, Lingkungan dan Pemetaan Sosial 35  

 

Prosedur Permohonan Informasi Publik

15 Jun 2020 09:07:00

Tanda Terima Permohonan Informasi

 

DAFTAR PEMOHON INFORMASI PUBLIK

Nomor

Urut

Nomor

Pendaftaran

Tanggal

Pendaftaran

                  Nama Pemohon                Jenis Informasi Status dan Tanggal Penyelesaian
1          
2          
3          
4          
5          
6          
7          
8          
9          

 

 

Standar Pelayanan Informasi Publik

15 Jun 2020 09:00:00

STANDAR PELAYANAN INFORMASI PUBLIK

BALAI BESAR TEKNOLOGI PENCEGAHAN PENCEMARAN INDUSTRI

 

Informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya serta merupakan bagian penting bagi ketahanan nasional. Hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik. Keterbukaan informasi publik merupakan sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyeleng-garaan negara dan Badan Publik lainnya dan segala sesuatu yang berakibat pada kepentingan publik sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008.

Sesuai dengan SK Kepala Balai Besar Teknologi Pencegahan Pencemaran Industri Nomor 658/SK/BPKIMI/BBTPPI/VI/2012 tentang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi dimana salah satu tugas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) menyediakan akses informasi publik bagi pemohon informasi. Terkait dengan tugas tersebut, PPID menetapkan standar layanan informasi di lingkungan Balai Besar Teknologi Pencegahan Pencemaran Industri dalam rangka penyeleng-graan pelayanan publik dengan menyediakan sarana, prasarana, fasilitas berupa desk layanan informasi, fasilitas, petugas pelaksana layanan informasi, instrumen serta menetapkan waktu layanan informasi.

 

1. DASAR HUKUM  
  
  1. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

  2. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

  3. Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 70 tentang Tata Kelola Layanan Informasi Publik di Lingkungan Kementerian Perindustrian

  4. Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 351 Tahun 2011 tentang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Kementerian Perindustrian

  5. Surat Keputusan Kepala BBTPPI Nomor: 658/SK/BPKIMI/BBTPPI/VI/2012 tentang Pejabat Pengelola PPID BBTPPI.

 
2. PEMOHON INFORMASI PUBLIK  
  Pemohon Informasi Publik adalah warga Negara dan/atau badan hokum Indonesia yang mengajukan permohonan Informasi Publik berdasarkan ketentuan yang berlaku. 
3. BBTPPI  
  Balai Besar Teknologi Pencegahan Pencemaran Industri yang yang menyelenggarakan pelayanan Informasi Publik adalah Bidang Pengembangan Jasa Teknis khususnya di Seksi Informasi. 
4. CARA MEMPEROLEH INFORMASI  
  1. Melalui Website atau email. 
      Dapat mengunduh informasi publik yang tersedia pada website (http://bbtppi.kemenperin.go.id) atau melalui email dengan alamat bbtppi.kemenperin@gmail.com.
  2. Melalui Telepon/fax. 
     Dapat menghubungi telepon Desk Layanan Informasi di nomor (024) 8316315, 8450651, Fax. (024) 8414811.
 

3. Mengirimkan surat melalui jasa pos yang ditujukan kepada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi, dengan alamat Balai Besar Teknologi Pencegahan Pencemaran Industri, jalan Ki Mangunsarkoro No. 6 Semarang 50136 

  4. Langsung 
    Datang langsung ke Desk Layanan Informasi, dengan alamat Balai Besar Teknologi Pencegahan Pencemaran Industri, jalan Ki Mangunsarkoro No. 6 Semarang 50136
5. MEKANISME PERMOHONAN INFORMASI PUBLIK
 
  1. Pemohon informasi datang ke BBTPPI (Seksi Informasi) dan mengisi formulir permohonan informasi dengan melampirkan foto copy KTP pemohon dan pengguna informasi.

  2. Petugas memberikan tanda bukti penerimaan permohonan informasi publik kepada pemohon informasi.

  3. Petugas memproses permintaan pemohon informasi publik sesuai dengan formulir permohonan informasi publik yang telah ditandatangani oleh pemohon informasi publik.

  4. Petugas memenuhi permohonan informasi sesuai dengan yang dimintan oleh pemohon. Apabila informasi yang diminta masuk dalam katagori dikecualikan, PPID menyampaikan alasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan yang berlaku.

  5. Petugas memberikan tanda bukti Penyerahan Informasi Publik dan atau tanda bukti penolakan permohonan kepada Pengguna Informasi Publik.  

6. KOMPETENSI PELAKSANA LAYANAN INFORMASI   
  Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi dalam melaksanakan pelayanan informasi dibantu oleh anggota tim Pengelola Informasi dan Dokumentasi yang telah dibentuk. Untuk anggota layanan informasi diutamakan memiliki kompetensi pengetahuan mengenai informasi yang wajib disediakan (berkala, setiap saat, serta merta dan dikecualikan), Kebijakan-kebijakan dari Kementerian Perindustrian dan pelayanan publik, ketrampilan dan sikap dalam berkomunikasi untuk menunjang pelaksanaan tugas layanan informasi.  
7. JANGKA WAKTU PENYELESAIAN   
 
  1. Proses penyelesian dalam memenuhi permintaan pemohon informasi publik dilakukan setelah pemohon informasi publik memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

  2. Waktu penyelesaian dilaksanakan paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja sejak diterimanya permintaan, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) akan menyampaikan pemberitahuan yang berisikan informasi yang diminta berada dibawah penguasaannya atau tidak. Dan PPID dapat memperpanjang waktu paling lambat 7 (tujuh) hari kerja.

  3. Penyampaian informasi publik kepada pemohon informasi publik dilakukan secara langsung, melalui email, fax ataupun jasa pos.  

 8. PRODUK INFORMASI PUBLIK.   
     Produk Informasi Publik yang tersedia di Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi BBTPPI antara lain:
  1. Profil Balai Besar Teknologi Pencegahan Pencemaran Industri

  2. DIPA BBTPPI 2014; 2015; 2016; 2017

  3. Rencana Strategis BBTPPI 2010-2014; 2015-2019

  4. RKA-KL BBTPPI 2014; 2015; 2016; 2017

  5. Agenda penting BBTPPI 2017

  6. Dokumen Kinerja

  7. Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) BBTPPI

  8. Laporan Keuangan BBTPPI (Audited) 2013; 2014; 2015; 2016

  9. Laporan akses informasi publik 2016

  10. Pengumuman Pengadaan barang dan jasa

  11. Tata cara Permohonan Informasi Publik di BBTPPI 

 9. FORMAT INFORMASI  
  Dalam rangka memenuhi permintaan pemohon, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi melalui desk layanan informasi dapat memberikan informasi publik dalam format hardcopy ataupun softcopy sesuai dengan ketersediaan dari bahan informasi yang diminta. 
10. WAKTU PELAYANAN INFORMASI  
 

Pemberian Pelayanan Informasi Publik dilaksanakan setiap hari kerja Senin s.d. Jumat, dengan pembagian waktu sebagai berikut :

Senin s.d. Kamis 08.00 – 15.30 WIB

Istirahat 12.00 – 13.00 WIB : Tetap Melayani Penerimaan Contoh 

Jumat 08.00 – 16.00 WIB

Istirahat 11.30 – 13.00 WIB : Tetap Melayani Penerimaan Contoh 

11. BIAYA/TARIF  
  Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi menyediakan informasi publik secara gratis (tidak dipungut biaya), sedangkan untuk pengadaan atau perekaman, pemohon informasi publik dapat melakukan penggandaan dengan fotocopy sendiri atau menyedianan CD/DVD kosong atau flashdisk untuk perekam data dan informasinya.  
12. SARANA DAN FASILITAS   
 
  1. Memberikan pelayanan yang responsif dengan menggunakan standar yang baik

  2. Tidak mencari keuntungan pribadi dengan mengorbankan kepentingan pegawai dan pemohon informasi

  3. Memberikan pelayanan secara tepat waktu dan taat aturan

  4. Memberikan informasi yang dibutuhkan pemohon secara benar

  5. Terbuka untuk menerima setiap saran, kritik dan masukan tanpa mempunyai prasangka negative

  6. Membangun jejaring kerja sama dengan segenap unsure Pengelola Informasi Publik di lingkungan BBTPPI untuk kepentingan pelaksanaan tugas

  7. Menghargai setiap bentuk partisipasi Petugas Pelayanan Informasi Publik.

  8. Mengambil tindakan secara cepat dan tepat untuk kepentingan Pegawai dan Pemohon Informasi

  9. Memberikan pelayanan dengan senyum dan ramah serta menghindarkan diri dari kesombongan

  10. Memberikan perlakuan yang tidak diskriminatif

  11. Bersikap proaktif menyapa Pemohon Informasi

  12. Menolak segala hadiah dalam bentuk apapun yang dapat mempengaruhi pelaksanaan tugas  

13. SARANA DAN FASILITAS   
  Dalam memberikan layanan informasi publik, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi menyediakan ruang layanan berupa: Meja, kursi, Formulir Permohonan Permin-taan Informasi, Formulit tanda bukti Penerimaan Informasi, Formulir tanda bukti penyerahan informasi dan Daftar Informasi Publik.  
 14. EVALUASI KINERJA PELAKSANA  
   Penyelenggara berkewajiban melakukan penilaian kinerja penyelenggara pelayanan informasi publik secara berkala dengan menggunakan indikator kinerja berdasarkan standar pelayanan informasi publik.