Jl. Ki Mangunsarkoro No. 6, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
024 - 8316315, 8450651
(024) 8414811
082134525006
LOGIN PELANGGAN
BERITA POPULER

Sertifikasi Industri Hijau akan Digratiskan

01 Nov 2016 10:10:00

Sumber : Website Kementerian Perindustrian dari Media Indonesia

Kementerian Perindustrian mendorong pola industri hijau sebagai upaya mendongkrak ....

Kebijakan Industri Nasional

24 Mei 2017 11:30:55

Visi pembangunan Industri Nasional sebagaimana yang tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 28 Tahun 2008 tentang Kebijakan Industri Nasional ....

BBTPPI menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi ISO 9001:2015

16 Agu 2016 13:00:00

Pada tahun 2015, ISO melakukan revisi beberapa standard manajemen atas persyaratan yang ditetapkan. Perkembangan terhadap pengelolaan resiko atas ....

KONTEN

Perpustakaan

07 Agu 2018 14:06:41

HISTORI PERPUSTAKAAN BBTPPI SEMARANG

            Pendahuluan

            Perpustakaan BBTPPI adalah suatu perpustakaan instansi dalam lingkup Kementerian Perindustrian dahulu bernama Perpustakaan Balai Penelitian dan  Pengembangan Industri Semarang berlokasi di Jalam. Ki Mangunsarkoro no. 6 Semarang.  Keberadaan perpustakaan ini adalah guna menunjang kegiatan peneliatian bagi para peneliti maupun kegiatan rutin BBTPPI. Oleh karena itu koleksi perpustakaan disesuaikan dengan lingkup kegiatan BBTPPI yang sebagian besar adalah mengenai teknologi pengolahan air limbah, lingkungan hidup dan teknik kimia serta kimia analisa.  Tercatat dalam Dyrectory of Special libraries and Information Sources in Indonesia (PDII, 1996) jumlah koleksi bahan Perpustakaan sebanyak 9978 judul, hingga sekarang tahun 2016, ada penambahan sekitar 60 %.

            Pengelolaan Perpustakaan

            Perpustakaan BBTPPI Semarang dikelola sesuai dengan Standar Nasional Indonesia PerpustakaanKhusus Instyansi Pemerintah (SNI 7496:2009). Semua materi perpustakaan diproses berdasarkan aturan tertentu. Hal ini dilakukan dengan maksud untuk mempermudah penyimpanan dan penemuan kembali informasi yang dibutuhkan.  Yaitu antara lain pengklasifikasian menggunakan system Dewey Discription Clasification  (DDC) edisi 22, sebelumnya menggunakan DDC edisi 10 terjemahan. Klasifikasi pada bahan perpustakaan ini berfungsi untuk pengelompokan penempatan (Shelving) bahan perpustakaan agar dapat dengan mudah ditemukan kembali saat dicari. Saat ini Pengelolaan perustakaan BBTPPI sudah menggunakan teknologi informasi, bekerjasama dengan Pusat Data dan Informasi serta Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Perindustrian melalui jaringan Libranet. Sebelum ini pengelolaan perpustakaan dilakukan secara manual.

            Layanan Perpustakaan

            Layanan Perpustakaan semula secara manual di mana pemustaka bila membutuhkan informasi harus datang dan mencari sendiri ke Perpustakaan, sekarang sudah dapat diakses lewat libranet (perpustakaan berbasis internet) dengan alamat http://lib.kemenperin.go.id/semarang/. Dalam akun tersebut akan dijumpai katalog koleksi bahan perpustakaan beserta abstraknya. Layanan perpustakaan lewat website ini, pustakawan dibantu oleh tenaga IT di Seksi Informasi.

Waktu pelayanan perpustakaan konvensional

Hari

Waktu Layanan

Istirahat

Senin – Kamis

8.00 - 15.30

12.00-13.00

Jum’at

8.00-16.00

11.30 -13.00

BBTPPI memiliki 2 orang tenaga Pustakawan yaitu: 1 orang Pustakawan Madya dan 1 orang Pustakawan Muda.

            Pemustaka

            Pemustaka Perpustakaan BBTPPI Semarang berasal dari Peneliti dan karyawaan lain BBTPPI, Masyarakat Industri, Masyarakat Umum, Mahasiswa Perguruan Tinggi dan siswa Sekolah Menengah Atas/Kejuruan.

            Kerjasama

Dalam melaksanakan pengembangan perpustakaan, baik dari segi koleksi maupun tenaga pengelola, Perpustakaan BBTPPI  melakukan kerjasama dengan instansi lain,  seperti Perpustakaan Nasional RI (Pelatihan tenaga Perpustakaan Khusus, tahun 1991), pada tahun 1991-1995 dengan British Council  (Pengadaan buku dari Book’s Programe), dengan BKKBN Provinsi Jawa Tengah sampai sekarang (Jaringan Dokumentasi dan Informasi), dengan Arsip dan Perpustakaan Daerah Jawa Tengah (Pengembangan sumber daya baik tenaga maupun koleksi) hingga sekarang, dengan Biro Hukum dan Organisasi Kemenperin dan BHN (Penyusunan abstrak Peraturan dan Perundang-undangan) sebagai anggopta JDIHN (Jaringan Dokumentasi Hukum Nasional).

            Penghargaan

Beberapa penghargaan yang diperoleh Perpustakaan BBTPPI adalah : Pada tahun  1985, sebagai Perpustakaan  terbaik peringkat III dalam lomba Perpustakaan Litbang Nasional, pada tahun 1998 sebagai peringkat II Perpustakaan Khusus  terbaik se Jawa Tengah, dan pada tahun 2016 sebagai peringkat II Perpustakaan Terbaik di lingkungan Kementerian Perindustrian. Sedangkan untuk tenaga Pengelolanya pada tahun 1991 sebagai Pustakawan Teladan peringkat II Provinsi Jawa Tengah dan pada tahun 1995 sebagai Pustakawan Teladan peringkat I Provinsi Jawa Tengah dan peringkat IX dalam Pemilihan Pustakawan Teladan Tingkat Nasional dari 27 Provinsi, serta  sebagai Pustakawan Terbaik  di lingkungan Kementerian Perindustrian pada tahun 2015.

Pada tahun 2017 Perpustakaan BBTPPI mendapat penghargaan sebagai Perpustakaan Terbaik Pertama Tingkat Kementerian Perindustrian. Disamping itu Pustakawan Madya BBTPPI yaitu Ibu Azizah ditetapkan sebagai Pustakawan Terbaik Pertama Tingkat Kementerian Perindustrian.

            Program

Adapun program yang belum terlaksana adalah membuat jaringan Perpustakaan litbang yang ada di seluruh Indonesia. Ini semua perlu dukungan dari pejabat yang berwenang. azi.-

         

Ruang Perpustakaan
Meja Pelayanan Ruang Baca
Display Penghargaan Ruang Pustakawan
Katalog koleksi
Ruang Koleksi
Koleksi
Piagam Perpustakaan 2016 Piagam Pustakawa 2016
Piagam Perpustakaan 2017 Piagam Pustakawan 2017

 

 

|| Update 30 Januari 2018 ||

 

SDM Perpustakaan:

Per 1 Desember 2017, 1 orang Pustakawan pensiun.

Per 1 Februari 2018, 1 orang Pustakawan pensiun.

Agar supaya tidak terjadi kekosongan, maka sejak awal 2017 Ka BBTPPI mengusulkan 2 orang untuk menjadi Pustakawan yaitu 1 orang Pustakawan Terampil dan 1 orang Pustakawan Ahli. Selama menunggu keluarnya SK Pustakawan mereka berdua telah melakukan magang perpustakaan.

Hingga kini per 1 Desember 2017 dengan turunnya SK Pustakawan keduanya telah menempati posisi di Perpustakaan.

 

||Update 7 Agustus 2018||

 

 

Pelanggan Sertifikasi

19 Jul 2018 08:20:00

 

 

 

 

BISQA

 

Nomor

Klien

Sertifikat

Urut

Ref

Nama

Lokasi

Lingkup

Nomor

Terbit

Kedaluwarsa

1

05 / 2000

PT. Bengawan Murni

Mojokerto

Manufacture of packaged drinking water

191021

18 Mei 2017

15 September 2018

2

04 / 2004

PT. Agrimitra Utama Persada

Padang

Manufacture of packaged drinking water

191036

28 November 2017

15 September 2018

3

01 / 2011

PT. Indotirta Jaya Abadi

Kab.Semarang

Manufacture of packaged drinking water

191090

25 April 2017

15 September 2018

4

03 / 2011

CV. Tirta Makmur

Ungaran

Manufacture of packaged drinking water

191091

10 Agustus 2017

9 Agustus 2020

5

10 / 2004

PT. Narmada Awet Muda

Mataram

Manufacture of packaged drinking water

191054

18 Agustus 2017

17 Agustus 2020

6

21 / 2005

PT. Industri Jamu Borobudur

Semarang

Manufacture of Herbal Medicine

191059

27 desember 2017

26 desember 20

7

07 / 2008

PT. Muara Mitra Mandiri

Yogyakarta

Construction of buildings

191084

18 Januari 2018

17 Januari 2021

8

02 / 1999

PT. Indoxide

Sidoarjo

Manufacture of ZincOxide

1999/9/19A/10

31 Desember 2015

15 September 2018

9

01 / 2016

CV Benang Merah

Surabaya

Manufacture of Furniture

 

191106

30 Mei 2016

15 September 2018

10

02 / 2016

PT Tirta Cipta Nugroho

Semarang

Manufacture of aluminum sulfate

191107

23 September 2016

15 September 2018

11

01 / 2017

CV. Citra Matra Pratama

Medan

Manufacture of Furniture

 

191109

4 Februari 17

15 September 2018

12

02 / 2001

PT. Chemical Industry  Tonggorejo

Pasuruan

Manufacture of sodium cyclamate

191024

17 Februari 17

15 September 2018

13

03 / 2001

PT. Swabina Gatra

Gresik

Manufacture of bottled drinking water

191023

29 Maret 2018

28 Maret 2021

14

06 / 2005

PT. Abadi Kimia

Surabaya

Manufacture of aluminium sulfate

191046

3 April 2017

2 April 2020

15

02/2017

PT. Merak Jaya Abadi

Sragen

Manufacture of bottled drinking water

191110

2 Aprril 2018

1 April 2021

16

03/2017

CV. Tirta Fertindo Pratama

Semarang

Production of Hydroponic Vegetables

191111

20 September 2017

19 September 2020

17

04 / 2017

Gusti Farm

Purbalingga

Manufacture of palm sugar

191112

17 Oktober 2017

16 Oktober 2020

18

05/2017

KP Sumber Rejaki

Cilacap

Manufacture of palm sugar

191113

17 Oktober 2017

16 Oktober 2020

19

01/2018

PT. Armindo Intercorp

Sidoarjo

Manufacture of Furniture

 

191114

2 Maret 2018

1 Maret 2021

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KLIEN DIBEKUKAN/DICABUT (update Juli 2018)

 

 

 

Klien

Sertifikat

KETERANGAN

Nama

Lokasi

Lingkup

Nomor

Terbit

Kadaluwarsa

Keputusan

Tanggal

PT. Bangun Cipta Prima Mandiri

Tegal

Const of Building, roads and bridge and drainage

191076

1 Juni 2016

15 Sept  18

Dicabut

16 Januari 2018

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BISQA

18 Jul 2018 14:06:00

Profil

LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) adalah lembaga sertifikasi sistem manajemen mutu yang telah diakreditasi (diakui) oleh Komite Akreditasi Nasional - Badan Standardisasi Nasional (KAN-BSN) dalam memberikan sertifikat ISO 9001.

Dengan telah masuknya KAN-BSN ke dalam keanggotaan Pacific Accreditation Cooperation (PAC) dan International Accreditation Forum, Inc. (IAF Inc.) maka sertifikat yang dikeluarkan oleh LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) diakui oleh negara-negara anggota PAC atau pun IAF.

LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) juga sebagai anggota dari Asosiasi Lembaga SertifikasiIndonesia (ALSI).

Dalam kegiatan sertifikasi sistem manajemen mutu, LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) memiliki komitmen terhadap ketidakberpihakan, mengelola konflik kepentingan, dan menjamin objektivitas.

Untuk Informasi Sertifikasi BISQA bisa download disini


Lingkup Akreditasi

  1. Produk makanan, minuman dan tembakau (03)
  2. Tekstil dan produk tekstil (04)
  3. Kayu dan produk kayu (06)
  4. Bahan kimia, produk kimia dan serat (12)
  5. Obat-obatan (13)
  6. Produk karet dan produk plastik (14)
  7. Konstruksi (28)
  8. Jasa Keuangan, Real Estate, Penyewaan (32)
  9. Kesehatan dan Tugas Sosial (38)

Alur Proses


Informasi Sertifikasi

 

PROSES SERTIFIKASI ISO 9001

  1. Sertifikasi awal
  2. Surveilen
  3. Pembekuan sertifikat
  4. Pencabutan sertifikat
  5. Pengurangan lingkup
  6. Perluasan lingkup
  7. Sertifikasi ulang

PROSES SERTIFIKASI AWAL

  1. Konfirmasi
    • Calon klien mendapatkan informasi tentang sertifikasi ISO 9001 dari LSSM BBTPPI Semarang (BISQA).
  2. Permohonan
    • Calon klien mengisi dan menyerahkan permohonan sertifikasi ISO 9001, dilampiri:
      1. Struktur organisasi
      2. Profil perusahaan
      3. Diagram alir proses produksi
      4. Pedoman Mutu dan Prosedur Mutu Sistem Manajemen 
      5. Rekaman Audit Internal dan Tinjauan Manajemen
  3. Kesepakatan biaya
    1. LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) menginformasikan biaya sertifikasi kepada calon klien
    2. Calon klien menyetujui biaya tersebut kepada LSSM BBTPPI Semarang (BISQA)
  4. Kontrak
    1. Calon klien dan LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) menandatangani surat perjanjian kerjasama sertifikasi
    2. Calon klien melunasi biaya sertifikasi
  5. Audit tahap 1
    1. Klien menerima pemberitahuan audit dari LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) yang berisi tim, waktu dan rencana kegiatan audit
    2. Auditor LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) melaksanakan audit terhadap dokumentasi sistem manajemen dan mengevaluasi:
      • lokasi dan kondisi lapangan organisasi yang spesifik,  status dan pemahaman klien berkenaan dengan persyaratan standar
      • pengumpulan informasi penting berkenaan dengan lingkup sistem manajemen, proses dan lokasi klien dan aspek perundang-undangan dan hukum dan pemenuhannya
      • alokasi sumber daya
      • evaluasi internal audit dan kaji ulang manajemen
  6. Perbaikan hasil audit tahap 1
    1. Klien memperbaiki sistem manajemen  berdasarkan laporan hasil audit tahap 1
    2. b. LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) memverifikasi hasil perbaikan klien
  7. Audit tahap 2
    1. Klien menerima pemberitahuan audit dari LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) yang berisi tim, waktu dan rencana audit
    2. Klien menyetujui rencana pelaksanaan audit
    3. Auditor LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) melaksanakan audit terhadap penerapan sistem manajemen klien
  8. Perbaikan hasil audit tahap 2
    1. Klien memperbaiki sistem manajemen berdasarkan laporan hasil audit tahap 2
    2. LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) memverifikasi hasil perbaikan klien
  9. Penerbitan sertifikat
    1. Tim Komite Keputusan Sertifikasi LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) membahas hasil audit sertifikasi awal
    2. Jika perlu penyempurnaan perbaikan, LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) memberitahukan kepada klien untuk ditindaklanjuti
    3. Dalam hal hasil Rapat Komite Keputusan Sertifikasi memutuskan untuk memberikan sertifikat, LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) menerbitkan sertifikat dengan masa berlaku tiga tahun kemudian diserahkan kepada klien.

PROSES SURVEILEN

  1. LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) memberitahukan rencana audit surveilen dan biaya surveilen kepada klien
  2. Klien melunasi biaya pengawasan berkala
  3. Klien menerima pemberitahuan audit dari LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) yang berisi tim, waktu dan rencana audit
  4. Klien menyetujui pelaksanaan audit surveilen. Klien dapat mengajukan keberatan tentang tim dan waktu audit ke LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) yang akan disesuaikan seperlunya
  5. Auditor LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) melaksanakan audit terhadap penerapan sistem manajemen klien
  6. Klien menyelesaikan perbaikan berdasarkan laporan hasil audit surveilen, disampaikan ke LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) sesuai dengan persyaratan jangka waktu perbaikan hasil surveilen

PEMBEKUAN, PENCABUTAN ATAU PENGURANGAN RUANG LINGKUP SERTIFIKASI

  1. Sertifikat klien akan dibekukan pada kasus, sebagai contoh:
    1. gagal secara total dan tidak serius dalam menerapkan Sistem Manajemen ;
    2. tidak memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan;
    3. tidak memperbolehkan surveilen atau sertifikasi ulang;
    4. meminta pembekuan secara sukarela
  2. Dalam kondisi pembekuan, sertifikasi sistem manajemen mutu klien tidak berlaku sementara
  3. Klien dilarang menggunakan sertifikasinya untuk keperluan promosi lebih lanjut
  4. LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) membuat status pembekuan sertifikasi yang dapat diakses publik dan melakukan tindakan lain yang sesuai
  5. Jika klien telah dapat memenuhi kembali persyaratan sertifikasi, sertifikat diberlakukan kembali
  6. Kegagalan untuk menyelesaikan masalah pokok dari pembekuan dalam jangka waktu yang ditetapkan, LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) mencabut atau mengurangi ruang lingkup sertifikasi
  7. Apabila terjadi pencabutan sertifikat, LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) memberitahukan kepada Klien terkait bahwa sertifikat sistem manajemen ISO 9001 klien sudah tidak berlaku dan harus menyerahkan kembali sertifikat sistem manajemen ISO 9001 asli kepada LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) serta untuk menghentikan penggunaan seluruh materi periklanannya yang memuat acuan sertifikasi
  8. LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) mengurangi ruang lingkup sertifikasi klien untuk bagian-bagian yang tidak memenuhi persyaratan, bila klien gagal secara total memenuhi persyaratan sertifikasi untuk bagian-bagian dari ruang lingkup sertifikasi tersebut
  9. Apabila terjadi pengurangan ruang lingkup, LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) menerbitkan sertifikat sistem manajemen ISO 9001 baru sesuai dengan ruang lingkup dan mencabut sertifikat sistem manajemen ISO 9001 lama. LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) memberitahukan kepada Klien terkait bahwa sertifikat sistem manajemen ISO 9001 yang lama sudah tidak berlaku dan harus menyerahkan kembali sertifikat sistem manajemen ISO 9001 asli kepada LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) serta merubah seluruh materi periklanannya pada saat lingkup sertifikasi dikurangi

PERLUASAN RUANG LINGKUP SERTIFIKASI

  1. Klien mengajukan permohonan perluasan lingkup sertifikasi
  2. LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) melakukan kajian terhadap permohonan dan menentukan kegiatan audit terhadap butir-butir persyaratan ISO 9001 yang relevan dengan perluasan ruang lingkup
  3. LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) menginformasikan biaya perluasan lingkup sertifikasi kepada klien
  4. Klien menyetujui biaya tersebut
  5. Klien melunasi biaya perluasan lingkup
  6. Klien menerima pemberitahuan audit dari LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) yang berisi tim, waktu dan rencana audit
  7. Klien menyatakan kesepakatan pelaksanaan audit. Klien dapat mengajukan keberatan tentang tim dan waktu audit ke LSSM BBTPPI Semarang (BISQA), yang akan disesuaikan seperlunya
  8. LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) melaksanakan audit terhadap butir-butir persyaratan ISO 9001 yang relevan dengan perluasan ruang lingkup
  9. Klien memperbaiki sistem manajemen berdasarkan laporan hasil audit
  10. Tim keputusan sertifikasi LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) membahas hasil audit perluasan lingkup. Jika perlu penyempurnaan perbaikan, LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) memberitahukan kepada klien untuk ditindaklanjuti
  11. LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) menerbitkan sertifikat kemudian diserahkan kepada klien. Kegiatan perluasan ruang lingkup sertifikasi dapat dilakukan bersamaan dengan audit surveilen

PROSES SERTIFIKASI ULANG

  1. LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) memberitahukan rencana audit sertifikasi ulang dan biaya sertifikasi ulang kepada klien
  2. Klien menyetujui biaya sertifikasi ulang kepada LSSM BBTPPI Semarang (BISQA)
  3. Klien dan LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) menandatangani surat perjanjian kerjasama sertifikasi ulang
  4. Klien melunasi biaya sertifikasi ulang
  5. Klien menerima pemberitahuan audit dari LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) yang berisi tim, waktu dan rencana audit
  6. Klien menyetujui pelaksanaan audit sertifikasi ulang. Klien dapat mengajukan keberatan tentang tim dan waktu audit ke LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) yang akan disesuaikan seperlunya
  7. LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) melaksanakan audit penerapan sistem manajemen ISO 9001
  8. Klien menyelesaikan perbaikan berdasarkan laporan hasil audit sertifikasi ulang, disampaikan ke LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) sebelum masa berlaku sertifikat habis
  9. LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) memverifikasi hasil perbaikan klien
  10. Tim Komite Keputusan Sertifikasi LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) membahas hasil audit sertifikasi ulang. Jika perlu penyempurnaan perbaikan, LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) memberitahukan kepada klien untuk ditindaklanjuti
  11. LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) menerbitkan sertifikat kemudian diserahkan kepada klien.

Catatan : Bila terdapat perubahan yang signifikan pada sistem manajemen klien, audit sertifikasi ulang mungkin membutuhkan audit tahap 1 seperti pada proses sertifikasi awal.

ATURAN PENGGUNAAN TANDA ISO 9001 DAN LOGO LSSM BBTPPI SEMARANG (BISQA)

  1. Mengajukan konsep penggunaan logo, sehingga mendapatkan ijin tertulis dari BISQA
  2. Dapat digunakan oleh organisasi sesuai dengan Lingkup Sertifikatnya
  3. Dapat digunakan dalam Publikasi Organisasi termasuk dalam bentuk Kop Surat, Brosur, Kartu Nama, Iklan dll.
  4. Dicetak sesuai dengan ukuran yang proporsional dengan warna yang sama, atau dalam satu warna yang sesuai
  5. Tidak boleh digunakan/dipasang pada produk
  6. Menghentikan penggunaan seluruh materi periklanan yang memuat acuan sertifikasi, sebagaimana ditentukan oleh LSSM BBTPPI Semarang (BISQA) bila terjadi pembekuan atau pencabutan sertifikasi
  7. Merubah seluruh materi periklanan pada saat lingkup sertifikasi dikurangi

Biaya Sertifikasi

Biaya sertifikasi SIstem Mutu  telah ditetapkan oleh Menteri Keuangan nomor: 92/PMK.05/2016 tentang Tarif Badan Layanan Umum Balai Besar Teknologi Pencegahan Pencemaran Industri Pada Kementerian Perindustrian

No. Jenis Besaran Industri Satuan Tarif (Rp) Keterangan
1 Golongan I (Kecil) Per Perusahaan/Sertifikat 10.000.000 4 OH
2 Golongan II (Menengah) Per Perusahaan/Sertifikat 13.000.000 6 OH
3 Golongan III (Besar) Per Perusahaan/Sertifikat 16.000.000 8 OH

 

Download Form Aplikasi

  • Form Permohonan Sertifikasi download disini

Pedoman dan Prosedur Pengelolaan

12 Jul 2018 08:07:00

BBTPPI dalam menjalankan kegiatan/tugas sehari-hari berpedoman pada Dokumen Sistem Mutu Manajemenm Mutu  yang merupakan integrasi beberapa sistem mutu yang diterapkan yaitu: SNI ISO 9001, SNI ISO 14001, SNI ISO 17025, SNI ISO 17065, SNI ISO 17021,dan KNAPP 2:2017.  

 

 

 

 

 

 Sertifikat Akreditasi ISO 9001:2015

Daftar Informasi Publik

11 Jul 2018 11:07:34

 DAFTAR INFORMASI BERKALA

No

Jenis Informasi

Detil Informasi

Format Informasi

Penanggung Jawab Pembuatan

Pejabat yang menguasai Informasi

Waktu Pembuatan Terakhir

Jangka Waktu Penyimpanan

HC

SC

OL

PROFIL

 

1

Sejarah BBTPPI

Sejarah Singkat BBTPPI

Ö

Ö

Ö

Kasubag Program & pelaporan

Kasubag Program & pelaporan

2018

Selamanya

2

Profil BBTPPI

Visi, Misi, Perkembangan BBTPPI

 

 

 

 

 

2018 

 

3

Organisasi

Ruang Lingkup, Tupoksi BBTPPI

 

 

 

 

 

2018 

 

4

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi, Profil Pejabat

 

 

 

 

 

2018 

 

5

Maklumat

Janji Pelayanan Publik BBTPPI, Ketidakberpihakan

 

 

 

 

 

2018 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PROGRAM KEGIATAN

 

6

DIPA

Daftar Isian Penyelenggaraan Anggaran: Program dan Kegiatan TA 2014, 2015, 2016, 2017, 2018

Ö

Ö

Ö

Kasubag Program & pelaporan

Kasubag Program & pelaporan 

2018

Selamanya

7

Rencana Kerja (RKA-KL)

Daftar Rincian rencana pelaksanaan anggaran kegiatan TA 2014, 2015, 2016, 2017, 2018

 

 

 

 

 

2018 

 

8

Rencana Strategis (Renstra)

Rencana Strategis Bisnis BBTPPI 2010 - 2014, 2015 - 2019

 

 

 

 

 

2018 

 

9

Rencana Kinerja

Rencana Kinerja BBTPPI TA 2014, 2015, 2016, 2017, 2018, 2019

 

 

 

 

 

2018 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KINERJA

 

10

LAKIP

Realisasi anggaran, pencapaian sasaran dan kendala TA 2013, 2014, 2015, 2016, 2017

Ö

Ö

Ö

Kasubag Program & pelaporan

Kasubag Program & pelaporan 

2017

Selamanya

11

TAPKIN

Rencana dan Penetapan Kinerja

 

 

 

 Kasubag Program & pelaporan

 Kasubag Program & pelaporan

2017 

 

12

Perjanjian Kerjasama dengan Pelangggan

Laporan Kerjasama dengan Swasta, BUMN, Pemerintahan, dan Swasta

 

 

 

 Kasi Pemasaran

Kasi Pemasarab 

 2018

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAPORAN KEUANGAN

 

13

Laporan Keuangan yang telah diaudit

Laporan keuangan oleh Auditor Independen TA 2014, 2015, 2016. 2017

Ö

Ö

Ö

Kabag TU

Kabag TU 

2018

Selamanya

14

Laporan Arus Kas

Laporan arus kas dan neraca TA 2014, 2015, 2016, 2017, 2018

 

 

 

Kasubag Keuangan 

 Kasubag Keuangan

 2018

 

15

Laporan Triwulan

Laporan Triwulan I, II, III, dan IV untuk TA 2015, 2016, 2017, 2018

 

 

 

Kasubag Program & Pelaporan 

 Kasubag Program & Pelaporan

2018 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

INFORMASI LAIN

 

16

Laporan BMN

Catatan atas laporan BMN, aset tetap

Ö

Ö

Ö

Kasubag Program & Pelaporan

 

2018

Selamanya

17

Pengadaan Barang dan Jasa

Pendaftaran PBJ pada Sirup LKPP TA. 2016, 2017, 2018

 

 

 

Kasubag Program & Pelaporan 

 

2018 

 

18

SOP

Alur proses pelayanan pengujian, kalibrasi, Sertifikasi

 

 

 

Kabid PK 

Kabid PK 

2017 

 

19

Laporan Kepuasan Pelanggan

Laporan Kepuasan Pelanggan LSPro, LSSM, dan Pengujian - Kalibrasi TA 2014, 2015, 2016, 2017

 

 

 

Kasi Informasi 

Kasi pemasaran 

2018 

 

20

Laporan Keluhan Pelanggan

Laporan Keluhan Pelanggan Layanan Jasa TA 2016, 2017, 2018

 

 

 

Kasi pemasaran 

Kasi Informasi 

2018 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


DAFTAR INFORMASI SETIAP SAAT

No

Jenis Informasi

Detil Informasi

Format Informasi

Penanggung Jawab Pembuatan

Pejabat yang menguasai Informasi

Waktu Pembuatan Terakhir

Jangka Waktu Penyimpanan

HC

SC

OL

AGENDA KERJA PIMPINAN

1

Kerjasama dg Pelanggan

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Pelatihan Internal

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Business Gathering

 

 

 

 

 

 

 

 

4

CSR

 

 

 

 

 

 

 

 

5

Penerbitan SK

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PUBLIKASI

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5